Senin, 14 Maret 2011

TRIK DAN TIPS MEMILIH PERGURUAN TINGGI

Filled under:

pada umumnya siswa/siswi para sekolah menengah atas dan sedrajatnya ingin melanjutkan ke dunia Perguruan TInggi, baik itu PTN / PTS. pada perguruan tinggi terdapat penjurusan mahasiswa berdasarkan subyek mata kuliah yang di ambil.
untuk memilih perguruan tinggi ini kita tidak boleh tergesa2 atau asal memilih ada beberapa faktor yang perlu di perhatikan , diantaranya:

1. Menyesuaikan Cita-Cita, Minat dan Bakat

bagi yang telah memiliki cita2 tertentu, maka ambillah jurusan sesuai dengan minat, bakat dan peluang di masa depan, karena segala sesuatu jika di jalankan dengan rasa suka dan minat itu akan lebih mempunyai keinginan belajar yang kuat. jika sobat bercita2 menjadi dokter jangan sobat mengabil jurusan sastra jawa. g nyambung.

2. Informasi yang Sempurna

carilah informasi sebanyak2nya sebagai bahan pertimbangan sobat untuk memjilih jurusan, carilah informasi yang valid melalui situs resmi atau langsung datang ke Kampus yang di inginkan. jangan dapatkan informasi mengunggulkan "katanya si....". oke

3. Biaya
bagi sobat yang hidupnya dalam ekonomi atas, mungkini ini tidak menjadi masalah, tp bagi yang menengah kebawah tentu sebalikx, pilihlah biaya pendidikan yang kira2 sobat mampu mencukupix, jika memang belum usahakan cari biasiswa, kerja paruh waktu. jagan jadilah uang sebagai faktor utama penghambat masa depan sobat

4. Daya Tampung Jurusan / Peluang Diterima

perhatikan daya tampung jurusan yang sobat pilih, jangan membebani diri sobat dengan menargetkan untuk kuliah di tempat tertentu dengan jurusan tertentu yang faforit, sobat bisa stress jika keinginan sobat tidak terpenuhi, buatlah banyak pilihan, banyaklah mencoba tes2 yang di selenggarakan oleh perguruan tinggi, jangan minder jika tes pertama sobat tidak lulus, masih banyak tes2 di depan yang menanti yang siap menerima sobat.

5. Masa Depan Karir dan Pekerjaan

untuk yang satu ini sebenernya tergantung pada skill kita, jika kita memang mempunyai bakat dan mempunyai jiwa profesional maka pekerjaan mudah untuk didapatkan, tapi tetap harus di perhatikan, yang harus dilakukan adalah persiapkan diri sobat sebaik2nya sebagai usaha memantaskan diri tuk meraih pekerjaan yang layak.

6. BEASISWA

Manfaatkan peluang beasiswa yang di selenggarakan oleh berbagai lembaga pendidikan seperti depag, diknas, dikti atau bahkan dari setiap universitas itu sendiri. Hal ini dapat meringankan beban beaya kuliah dan dapat menjadikan motivasi untuk berjuang lebih baik, karena untuk mendapatkan beasiswa di perlukan standart nilai IPK.

Sumber :

Organisasi.Org Komunitas & Perpustakaan Online

0 komentar: